Sekilas Mengenai Blog Ini Yang Harus Diperhatikan

SEKILAS MENGENAI BLOG INI YANG HARUS DIPERHATIKAN:

- Mengoleksi jam tangan yang ASLI DAN ORIGINAL (saya paling anti dengan jam KW atau fake / replica) adalah salah satu dari sekian hoby saya.

- Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi kesenangan bagi sesama pe-hoby jam tangan yang ORIGINAL ..Untuk itu saya ucapkan selamat datang di blog Hobby Jamtangan ini..
Bila ada jam yang saya jual dengan judul FOR SALE dan anda minati secara SERIUS (ada di label A For Sale) feel free untuk menghubungi saya.

- Mohon maaf bila pembicaraan diluar jual-beli jam yang ORIGINAL tidak saya layani, karena saya TIDAK menjual jam KW/Fake/Replica.

-Harga
yang saya tawarkan adalah harga yang sudah sangat kompetitif, sangat wajar dan sangat sesuai dengan pasaran jam tersebut, untuk itu dimohon untuk tidak menawar terlalu jauh (mohon maaf penawaran yang terlalu jauh/tidak wajar tidak akan saya layani), karena jam yang saya jual kondisinya sangat wajar (sudah saya seleksi)..layak pakai,layak jual dan bukan jam rusak.

- Bagi Pembeli di luar kota (luar kota domisili saya), ataupun luar provinsi domisili saya tidak perlu khawatir, karena pengiriman segera setelah pelunasan jam via tranfer Bank BCA atau Bank Mandiri saya lakukan via jasa ekspedisi JNE dengan layanan YES (Yakin Esok Sampai) yang diasuransikan dan dipaking kayu. Biaya pengiriman / Ongkir merupakan tanggung jawab saya, jadi harga deal adalah harga berikut Ongkir.

- Foto Nomor Resi JNE selalu saya share pada pembeli, sehingga dapat kita pantau / tracking bersama progress pengiriman jamnya via www.jne.co.id

Kamis, 06 Desember 2012

Jam yang menemani ngantor hari ini (Seiko Diver SBDC003 A.K.A Seiko Diver Sumo Blue Dial) - Penggunan rotating bezel pada diver watch

Hari ini timbul keinginan untuk ngantor sambil ditemani sebuah jam diver, setelah menimbang-nimbang akhirnya pilihan jatuh pada Seiko Diver SBDC003 dengan movement automatic Cal. 6R15.. atau yang biasa oleh penggemar Seiko disebut dengan panggilan Seiko Sumo. Seiko sumo ini mampu bertahan terhadap tekanan air sampai pada kedalaman 200meter dibawah permukaan air, sehingga seperti yang tertera pada dial, jam ini masuk dalam kategori jam untuk scuba diving.




Bentuk lug jam ini terlihat sangat besar, kekar dan kokoh


Warna biru pada dial dan bezel nya terlihat sangat menarik



Luminasi yang terang sangat berguna disaat diving





Jam ini mempunyai bentuk case melengkung yang menurut saya hal ini sangatlah unik dan enak dilihat..



 Logo Tsunami pada caseback yang menandakan jam ini mewarisi DNA jam diver SEIKO yang sangat legendaris


Sebetulnya tidak terlalu ada hubungan yang spesifik antara Sumo sebagai olah raga gulat khas Jepang  dengan jam Seiko SBDC003 ini. Tetapi sebutan sumo untuk jam ini sudah sangat melekat, kemungkinan hal ini disebabkan oleh perawakan dari jam ini yang terlihat besar (diameter case 44mm), dan karena berasal dari Jepang maka diasosiasikan dengan pegulat sumo yang berperawakan sangat-sangat besar atau bisa disebut sangat-sangat gendut. Seiko sumo SBDC003 mempunyai saudara yang dibedakan berdasarkan  varian warna, yaitu SBDC001 yang berwana dial dan bezel hitam, SBDC005 yang berwarna dial dan bezel orange, khusus untuk SBDC005 atau sumo orange mempunyai pembeda dari kedua saudaranya, yaitu menggunakan rubber strap, sedangkan sumo SBDC001 dan 003 menggunakan stainless steel bracelet yang mempunyai pengaman pada clasp nya dan mempunyai fitur extended bracelet untuk mengakomodasi diver yang mengenakan diving suit nya.

Berbicara mengenai jam ini adalah jam asal Jepang dan bermerek Jepang ternyata lebih dari itu, jam ini merupakan jam JDM atau Japan Domestic Market..dengan kata lain jam ini hanya diproduksi dan dipasarkan untuk pasar Jepang saja, hal inilah yang memicu saya untuk harus memiliki atau mengoleksi jam ini. Selain itu jam dengan brand Seiko memang sudah sangat legendaris dalam dunia diving sebagai tools watch untuk membantu para diver dalam memantau waktu khususnya elapse time guna mengetahui berapa lama lagi oksigen dalam tabung yang mereka bawa dipunggung mereka masih dapat digunakan untuk membantu pernapasan mereka di dalam air.

Hanya di situs resmi Seiko untuk area Jepang sajalah jam ini dapat ditemukan, yaitu pada bagian line up jam Seiko Prospex


Berikut adalah vairan warna dari Seiko sumo, yang dapat dilihat pada situs resmi Seiko region Jepang 



 Jam ini seperti layaknya jam diver pada umumnya dilengkapi dengan rotating bezel, bezel pada jam ini dapat diputar berlawanan dengan arah jarum jam. Pemutaran bezel jam ini cukup keras atau harus sedikit menggunakan tenaga, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kepresisian dari rotating bezel itu sendiri agak tidak mudah berputar secara tidak sengaja. Walaupun cukup keras untuk diputar namun masih sangat terasa efek klik..klik..klik nya disaat kita memutarnya.


Fungsi serta penggunaan rotating bezel pada diver watch

Seperti sudah saya singgung sebelumnya diatas, bahwa diving watch merupakan tools watch bagi para diver untuk mengetahu cadangan oksigen di dalam tabung yang mereka bawa. Misal seorang diver membawa satu buah tabung oksigen dipunggungnya, oksigen tersebut kapasitasnya dapat digunakan untuk jangka watu sampai dengan 15 menit, maka hal yang harus dilakukan oleh diver tersebut begitu dia memakai masker oksigennya adalah memutar bezel jam nya, posisi tengah atas pada bezel nya (berbentuk segitiga yang pada saat normal ada diarah jam 12) diarahkan hingga tepat berada pada jarum petunjuk menit, pada saat menyelam dia harus memperhatikan jarum menit dan bezel nya, disaat jarum menit mendekati menit ke 15 di bezel, maka diver tersebut harus segera untuk kembali kepermukaan air untuk segera mendapatkan udara segar karen cadangan oksigen di tabung yang ia bawa sudah sangat menipis.

Berikut adalah ilustrasi mengenai fungsi dari bezel pada jam diver watch

Pada gambar diatas terlihat bahwa segitiga pada bezel terletak sejajar dengan jarum panjang penunjuk menit, penyetelan bezel pada posisi seperti ini harus dilakukan oleh seorang diver begitu ia mengenakan masker oksigennya, oksigen yang terdapat pada tabung yang ia bawa cukup untuk digunakan selama...katakanlah 15menit.

 Pada gambar dibawah  ini terlihat bahwa jarum panjang penunjuk menit sudah mendekati pada penunjuk menit ke 15 di bezel (garis tebal diantara menit ke 10 dan ke 20 pada bezel), pada posisi ini diver harus segera bersiap untuk naik ke permukaan air karena persediaan oksigen ditabung nya sudah mulai menipis.


Gambar dibawah ini menunjukkan bahwa diver tersebut telah memakai oksigen dalam tabungnya selama 15 menit, berarti oksigen telah habis, untuk itu ia harus telah berada diatas permukaan air



Begitu menarik dan nyaman untuk dikenakan jam ini, sehingga cukup sering menjadi andalan saya dalam menjalankan berbagai aktivitas


Satu-satunya kekurangan dari jam ini walaupun tidak terlalu prinsip menurut saya adalah, ukuran lug nya yang hanya 20mm, seandainya jam ini menggunakan lug ukuran 22mm maka bentuknya akan lebih kekar mengimbangi bentuk case nya yang sudah sangat bagus dan kekar, selain itu penggunaan lug ukuran 22 mm juga akan membuat bentuk bracelet akan menjadi terlihat besar dan kekar pula



Sebagai jam JDM Seiko sumo ini sangat bagus built quality nya, boleh dibilang kualitasnya melebihi harga jam ini sendiri, selain itu stastusnya sebagai jam Seiko JDM membuat jam ini cukup langka keberadaanya di Indonesia. DNA Seiko Diver yang sangat legendaris, kental terdapat  pada jam ini, ditunjang lagi dengan kenyamanannya saat dikenakan walaupun size nya cukup besar, membuat jam ini layak untuk saya koleksi dan cukup membanggakan ketika dikenakan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.