Sekilas Mengenai Blog Ini Yang Harus Diperhatikan

SEKILAS MENGENAI BLOG INI YANG HARUS DIPERHATIKAN:

- Mengoleksi jam tangan yang ASLI DAN ORIGINAL (saya paling anti dengan jam KW atau fake / replica) adalah salah satu dari sekian hoby saya.

- Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi kesenangan bagi sesama pe-hoby jam tangan yang ORIGINAL ..Untuk itu saya ucapkan selamat datang di blog Hobby Jamtangan ini..
Bila ada jam yang saya jual dengan judul FOR SALE dan anda minati secara SERIUS (ada di label A For Sale) feel free untuk menghubungi saya.

- Mohon maaf bila pembicaraan diluar jual-beli jam yang ORIGINAL tidak saya layani, karena saya TIDAK menjual jam KW/Fake/Replica.

-Harga
yang saya tawarkan adalah harga yang sudah sangat kompetitif, sangat wajar dan sangat sesuai dengan pasaran jam tersebut, untuk itu dimohon untuk tidak menawar terlalu jauh (mohon maaf penawaran yang terlalu jauh/tidak wajar tidak akan saya layani), karena jam yang saya jual kondisinya sangat wajar (sudah saya seleksi)..layak pakai,layak jual dan bukan jam rusak.

- Bagi Pembeli di luar kota (luar kota domisili saya), ataupun luar provinsi domisili saya tidak perlu khawatir, karena pengiriman segera setelah pelunasan jam via tranfer Bank BCA atau Bank Mandiri saya lakukan via jasa ekspedisi JNE dengan layanan YES (Yakin Esok Sampai) yang diasuransikan dan dipaking kayu. Biaya pengiriman / Ongkir merupakan tanggung jawab saya, jadi harga deal adalah harga berikut Ongkir.

- Foto Nomor Resi JNE selalu saya share pada pembeli, sehingga dapat kita pantau / tracking bersama progress pengiriman jamnya via www.jne.co.id

Minggu, 18 November 2012

Bukan Sekedar Petunjuk Waktu - Rolex GMT Master

Seperti pada postingan saya di blog ini terdahulu, saya sangat menyukai koleksi Rolex GMT Master saya, hal yang melatar belakangi saya untuk mengoleksi Rolex jenis ini adalah, karena menurut saya jam ini masuk dalam kategori: bukan sekedar petunjuk waktu, atau bukan sekedar jam biasa, mengapa demikian? dikarenakan jam Rolex jenis ini mempunyai sejarah atau latar belakang yang sangat melegenda..

Bagaimanakah asal-usul Rolex membuat seri atau type GMT Master dalam line up tools watch nya? Ternyata berawal dari kolaborasi antara Rolex dengan PAN American International Airways (Pan Am). Rolex sebagai produsen jam tangan asal Swiss yang terkenal dengan durability nya yang luar biasa, dan standar kepresisianya yang sangat tinggi rupanya dipercaya oleh pihak Maskapai Penerbangan terkemuka di Amerika itu untuk mensuplai jam tangan untuk keperluan para pilot mereka dalam menjalankan tugasnya.

Kolaborasi yang dimulai sejak tahun 1955 tersebut bermula dari usulan para pilot Pan Am kepada perusahaan, agar mereka dibuatkan sebuah instrumen berupa jam tangan yang mampu menunjukkan  zona waktu yang berbeda secara bersamaan, tujuanya agar mereka tidak kehilangan orientasi akan zona waktu, jadi mereka dapat senantiasa mengetahui waktu setempat dimana mereka tinggal landas dan sekaligus waktu setempat dimana mereka akan mendarat.

Seperti kita ketahui, letak geografis Amerika yang sangat luas menyebabkan adanya perbedaan zona waktu di dalam negara mereka sendiri, belum  lagi perbedaan zona waktu dengan negara lain. Untuk itu jelas para pilot memerlukan panduan akan zona waktu tersebut, solusinya adalah sebuah jam tangan yang mampu menunjukkan  zona waktu yang berbeda secara simultan dalam sekali penyetelan. Guna mengakomodasi kebutuhan para pilotnya maka Pan Am menunjuk Rolex untuk menciptakan jam yang mempunyai fungsi untuk hal tersebut.

Menerima permintaan khusus itu, maka Rolex segera menyiapkan prototype nya, sehingga akhirnya siap dan dikirimkan kepada pihak Pan Am, dan jam tersebut diberi nama Rolex Oyster Perpetual GMT Master. Wujud  GMT Master keluaran pertama ini sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang, model awal tersebut hanyalah pengemembangan dari type Rolex Turn O' Graph yang telah dimodifikasi bezel dan movement nya.


GMT Master generasi pertama Ref.6542 untuk para pilot Pan Am, hasil modifikasi dari  Rolex type Turn O' Graph Reff.6202, terlihat digambar bahwa Bezel rolex Turn O' Graph telah dimodifikasi dengan diberi index petunjuk 24jam pada insert bezel nya, dan diwarnai biru untuk menunjukkan waktu PM serta merah untuk menunjukkan waktu AM (hal ini kemudian lazim disebut oleh pe-hobby jam sebagai GMT Master Pepsi Dial). Jarum penunjuk jam, detik, dan menit juga mengalami modifikasi, yang utamanya yaitu dengan mengunakan jarum jam model  "Mercedes Hand" sebagai ciri khas Rolex tools watch. Sedangkan ciri khas jam yang merupakan jam GMT terlihat jelas dengan adanya penambahan jarum ke empat yang berwarna merah yang dapat digunakan sebagai petunjuk waktu di tempat asal atau waktu di tempat tujuan pesawat. Bila kita perhatikan lagi gambar dibawah ini, GMT generasi pertama ini belum menggunakan crown guard.



Pada tahun 1958 atau berselang 3 tahun setelah GMT Master pertama untuk para pilot, Rolex membuat seri GMT Master yang mempunyai tampilan cukup khas walaupun masih dengan No Referensi yang sama dengan untuk para pilot (Ref. 6542), bahkan hingga sekarang Rolex belum pernah membuat GMT Master dengan tampilan seperti ini lagi, yaitu Vanilla  Dial Coke Bezel, atau yang lazim disebut dengan GMT Master Albino Dial Coke Bezel yang diperuntukan bagi para eksekutif di Maskapai Penerbangan Pan Am. Spesifikasinya sama persis dengan GMT Master untuk para pilot, hanya warna dial dan warna bezel saja yang membedakan




Rolex memberi ciri khusus bagi semua GMT Master yang mereka suplai untuk Pan Am, yaitu dengan memberi logo Pan Am pada caseback disetiap jam-jam tersebut (Seperti Rolex menampilkan logo perusahaan maritim asal Perancis COMEX disetiap dial Rolex Submariner yang mereka suplai kepada pihak COMEX, hal ini ada dalam pembahasan saya mengenai Rolex Submariner di postingan saya terdahulu).



Berikut adalah gambar dari Maskapai Pan-Am




 Karena Rolex GMT Master sudah resmi sebagai jam wajib bagi para pilot Pan Am, maka pada saat itu pun Rolex GMT Master menjelma menjadi ikon baru untuk jam yang berhubungan dengan dunia penerbangan atau dunia aviasi, hal itu dapat terlihat dari iklan pada tahun 1956 ini



 Iklan Rolex GMT Master tahun 1960an dan 1970an yang bertemakan Rolex sebagai suplier resmi Pan Am




Di era 1960an saat uji coba terbang pesawat supersonic mencapai tahap akhir, Rolex GMT Master juga terlibat didalamnya dengan menjadi jam resmi yang dikenakan oleh kedua orang pilot pengujinya, yaitu Brian Trupshaw (pilot berkebangsaan Inggris), dan Andre Turcat (pilot berkebangsaan Perancis)



 Iklan Rolex GMT Master yang betemakan C.E.O dari Pan Am pada tahun 1980an



Sebuah brosur Rolex GMT Master tahun 1980an, yang juga bertemakan Pan Am




Pada perkembangannya, Rolex GMT Master seperti halnya Rolex-Rolex type lain yang cenderung bersifat evolusi, seperti misalnya warna bezel, bahan pembuat casing dan bracelet, tersedia dalam pilihan bahan stainless stell, solid gold, dan ada juga yang kombinasi antara stainless steel dengan solid gold. Perngembangan yang cukup drastis adalah perbahan dari GMT Master menjadi GMT Master II yang ditandai dengan penggunaan movement type baru. Dengan Movement type baru tersebut pengguna menjadi semakin mudah dan praktis disaat mengatur atau menset zona waktu pada jam GMT Master nya. Salah satu highlight dari perubahan/perkembangan GMT Master baru-baru ini adalah insert bezel yang terbuat dari bahan cheramic.


Rolex GMT Master dengan segala sejarahnya, ketangguhannya, kepresisiannya, serta fitur yang ditawarkannya..menjadikan jam jenis ini  sangat bernilai.  Berbagai hal besar dalam dunia aviasi yang banyak melibatkan Rolex GMT Master juga sangat membanggakan, so..sudah selayaknya jika Rolex GMT Master II ini saya senangi dan saya koleksi.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.